Isi kolom PIN login yang sudah tersedia dengan PIN yang mudah diingat;
Mendapatkan notifikasi bahwa pendaftaran telah berhasil dengan munculnya nomor pendaftaran;
Pastikan menyimpan dan mengingat nomor pendaftaran;
Pastikan mengisi nomor WA orang tua/wali yang mudah dihubungi.
3.
Melakukan pembayaran infaq pendaftaran melalui Virtual Account sebesar Rp.603.000 dengan rincian:
Rp.600.000 infaq pendaftaran
Rp.3.000 biaya admin Virtual Account
Setelah pembayaran dilakukan, akan mendapatkan notifikasi sebagai peserta ujian PSB.
Calon santri yatim tidak membayar infak pendaftaran, dengan ketentuan melampirkan:
SURAT KEMATIAN AYAH
SURAT KETERANGAN TIDAK MAMPU
kepada panitia.
4.
Melakukan LOGIN di web PSB Al-Ma'tuq dengan memasukan nomor pendaftaran dan PIN yang telah dibuat untuk:
Memperbarui data pada menu "Ubah Data Calon Santri" (Mengisi tambahan data dan unggah file yang diperlukan di bagian paling bawah halaman)
Mengunduh berkas pada menu "Cetak Dokumen":
Formulir Pendaftaran;
Formulir Pemantauan Orang Tua Terhadap Kesehatan Calon Santri;
Surat Pernyataan;
Surat Tanda Terima Berkas;
Surat Pengiriman Berkas (untuk ditempel di paket dokumen keperluan ekspedisi)
5.
Mengunggah berkas keterangan dari Sekolah/Madrasah asal di halaman "Ubah data" pada web PSB yang berisi:
Status Siswa Aktif di kelas 6 MI/SD;
Nomor Induk Siswa Nasional (NISN);
Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN);
Nomor Statistik Madrasah (NSM) untuk Calon Santri yang Sekolah di Madrasah Ibtidaiyah.
NPSN PKBM bagi sekolah yang belum memiliki NPSN atau siswa home schooling.
Semua berkas ini dimasukkan ke dalam satu file pdf.
6.
Mengirimkan berkas dengan batas waktu sampai dengan 1 November 2024 (bisa datang langsung ke pesantren / melalui jasa ekspedisi)
Berkas hasil unduhan dari menu "Cetak Dokumen" di web PSB:
Formulir Pendaftaran
Formulir Pemantauan Orang Tua Terhadap Kesehatan Calon Santri;
Surat Pernyataan;
Surat Tanda Terima Berkas;
Stiker Pengiriman Berkas (untuk ditempel di paket dokumen keperluan ekspedisi)
Khusus untuk Calon Santri yatim berusia tidak lebih dari 13 tahun pada 1 Juli 2025, perlu menambahkan surat/sertifikat Kematian Ayah dari Pemerintah Setempat.
7.
Mengikuti tes masuk secara offline di Markaz Al-Ma'tuq pada salah satu tanggal berikut:
2-3 November 2024
9-10 November 2024
16-17 November 2024
8.
Pengumuman kelulusan pada tanggal 25 November 2024 mulai pukul 00:00 WIB pada halaman Pengumuman Hasil Seleksi Calon santri yang dinyatakan lulus agar melengkapi berkas administrasi sebagai berikut:
Mengunggah scan berkas di halaman "Ubah Data" dalam format pdf:
Scan Akte Kelahiran
Scan KTP kedua orang tua/wali
Scan Kartu Keluarga
Scan Keterangan Kelulusan (menyusul)
Scan Ijazah dan transkrip nilai (menyusul)
Mengirimkan Hasil Medical Check Up dari Laboratorium Kesehatan ke Markaz Al-Ma'tuq dengan ketentuan
Unduh Format Formulir Kesimpulan Hasil MCU yang terdapat pada menu "Cetak Dokumen" Kemudian diisi oleh dokter
Mengirimkan berkas Formulir Kesimpulan Hasil MCU yang telah diisi berikut dengan berkas asli hasil MCU
9.
Melakukan daftar ulang dari tanggal 2 s.d 9 Desember 2024 dengan membayar infaq:
Pembangunan
Perlengkapan
Tahunan
10.
Melengkapi tambahan kelengkapan berkas ketika memasuki tahun pelajaran 1446-1447 H/2025-2026 M.
Fotokopi Ijazah dan transkrip nilai terlegalisir (dikirim ke pesantren)